Bangunan Berbentuk Stupa Ikonik Asia Tenggara

Bangunan berbentuk stupa atau pagoda dengan stupa-stupa raksasa memang menarik perhatian, khususnya bagi wisatawan. Keberadaan jenis bangunan ini kerap menjadi ikonik bagi daerah bahkan sebuah negara. Sebab, bangunan seperti ini memang indah ditambah lagi karena memiliki detil-detil yang cukup unik. Keunikannya bisa dikarenakan usianya, desainnya yang rumit, serta keindahannya bahkan kemegahannya.
Seperti Candi Borobudur di Jawa Tengah Indonesia, bangunan ini dibuat sekitar abad ke 9 dan mencerminkan kecermelangan para seniman Jawa kuno saat berekspresi budaya di masa lalu. Terdapat 2.672 ukiran relief dan 600 patung dan stupa Buddha. Saat ini Candi Borobudur adalah tempat wisata terpopuler di Indonesia dan paling indah khususnya disaksikan saat matahari terbit.
Lalu, ada Pagoda Shwezigon atau Shwezigon Paya, di Nyaung-U, dekat Bagan, Myanmar. ‘Shwezigon’ dilengkapi atap tradisional ‘Burma’ yang khas, dibangun pada tahun 1807 oleh Raja Anawrahta dan diselesaikan  Raja Kyanzitta. Bangunan ini merupakan sebuah stupa raksasa setinggi 98 meter (321,5 kaki) yang berlapis emas. Ternyata pagoda ini merupakan prototype pembangunan terhadap Pagoda Shwedagon ikonik di Myanmar.
Stupa Buddhist ini dinilai yang paling suci bagi bangsa Burma karena menyimpan relik Buddha terdahulu, yaitu tongkat ‘Kakusandha’, saringan air ‘Konagamana’, sepotong jubah ‘Kassapa’, dan delapan helai rambut ‘Siddharta Gautama’, Buddha historis. Puncak menara kubah atau stupa ditutupi lebih dari 5.000 berlian dan 2.000 batu rubi, bahkan paling atas terdapat permata 76 karat. Di bagian Tenggara terdapat patung 37 Nat (spirit) yang dipercaya sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Burma. Salah satu pagoda yang tertua di Bagan Shwezigon ini diakui sebagai yang ke 37 Nat oleh Kerajaan Burma.
Kemudian, ada That Dam, bangunan stupa terletak di pusat Vientiane Laos. Bangunan ini populer disebut sebagai ‘Stupa Hitam’ karena warnanya yang gelap yang memperlihatkan usianya yang cukup tua. Stupa ini dipercaya telah ada sejak abad ke 16.
Wat Phra Luang, di Provinsi Lampang Thailand Utara, juga memiliki arsitektur luar biasa dengan ‘Lan Na Art’. Fortifikasi tetap tiga benteng dan dua parit yang mengesankan. Wat Phra That Lampang Luang merupakan candi berbentuk stupa yang sangat berharga dan sudah ada sejak zaman kuno. Konon, bangunan ini sudah ada sejak Ratu Chamadevi, sekitar akhir abad ke-20.
Malaysia memiliki bangunan Dhammikarama Burmese Temple, Pulau Penang. Bagian tertua dari candi adalah stupa yang ditahbiskan pada tahun 1805. Hal ini diabadikan dalam sebuah stupa luar yang dibangun pada tahun 1838, bersama-sama dengan ruang upacara dijaga oleh sepasang gajah batu.

 

1

MYANMAR: Pagoda Shwezigon atau Shwezigon Paya, terletak di Nyaung-U, dekat Bagan, Myanmar, merupakan prototype pembangunan Pagoda Shwedagon (juga berada di negara yang sama). ‘Shwezigon’ dilengkapi atap tradisional Burma yang khas, dibangun tahun 1807 oleh Raja Anawrahta dan diselesaikan oleh Raja Kyanzitta.

2

LAOS: ‘That Dam’, bangunan stupa terletak di pusat Vientiane, Laos. Bangunan ini populer disebut sebagai ‘Stupa Hitam’ karena warnanya yang gelap yang memperlihatkan usianya yang cukup tua .

3

INDONESIA: Candi Borobudur, Jawa Tengah, Indonesia, dibuat sekitar abad ke 9 yang menyimbolkan kecermelangan para seniman Jawa kuno dalam mengapresiasi budaya di masa lalu. Terdapat 2.672 ukiran relief dan 600 stupa Buddha.

4

THAILAND: Wat Phra Luang, di Lampang Thailand Utara, dengan ‘Lan Na Art’ dan arsitektur yang luar biasa.
Sumber : http://harian.analisadaily.com/

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s